29 Mei 2009

CV Cendrawasih Sukoharjo adalah penerbit buku wayang purwa Jawa yang bertahan sampai sekarang.

Budi Adi Soewirjo : 17 Mei 2009 :

 

Penerbit CV. Cendrawasih, Sukoharjo adalah penerbit buku wayang purwa Jawa yang bertahan sampai sekarang.

 

Saya amati saat ini hanya ada satu penerbit yang secara terus menerus menerbitkan judul baru (atau menerbitkan ulang) buku wayang purwa Jawa dengan kekhususan buku seni pedhalangan, yang bisa berupa :

·         Balungan lakon wayang purwa Jawa.

·         Pakem pedhalangan jangkep pertunjukan wayang kulit purwa Jawa.

·         Kawruh wayang purwa Jawa.

·         Wejangan berupa dialog-dialog dalam pertunjukan wayang kulit purwa Jawa.

·         Sindhenan pengiring pertunjukan wayang kulit purwa Jawa.

 

Dari daftar buku Mei 2009 yang saya terima ada lima puluh judul buku berkaitan dengan seni pedhalangan.

 

Kita patut acungi jempol kepada penerbit ini yang tetap berdedikasi menerbitkan buku wayang purwa Jawa dengan kekhususan buku seni pedhalangan. Dan berharap bisa dilanjutkan bahkan dikembangkan dengan lebih banyak judul buku (tentunya ini memerlukan kerja sama dengan para penulis dan dalang), termasuk meningkatkan mutu kertas buku.

 

Usaha penerbitan ini masih dikelola dengan tradisional. Daftar buku terbitan berupa satu lembar daftar judul buku dan harganya (Tapi ringkas juga sehingga cukup di kirim lewat fax satu halaman). Penerbit ini ber markas di kota Sukoharjo, satu kota kecil kurang lebih 10 ~ 12 kilometer di selatan kota Surakarta / Solo. Alamat dari penerbit tersebut :

 

CV. Cendrawasih, Jl. Pemuda 18, Telepon / Facsimile (0274) 593121 , Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah. Belum memiliki alamat email. Mereka mau mengirim fax daftar buku, melayani permintaan pembelian lewat telepon, pembayaran lewat ATM Lippo (dan satu bank lagi ?), bukti struk transfer ATM di fax ke mereka. (Lihat uraian sejenis di note Balai Pustaka On Line).

 

Akan disambung ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.